6 Tips memilih domain terbaik untuk blog

Apa yang lebih penting dari desain situs web baru? Seperti kata seseorang, kata-kata memiliki arti dan nama memiliki kekuatan. Hal ini menjadi semakin penting di era pemasaran internet dan pengembangan branding. Banyak yang menganggap langkah pertama untuk memulai situs web kalian adalah desain, namun memilih nama domain yang tepat sama pentingnya. sebenarnya, mungkin ini adalah bagian tersulit dari proses pembuatan situs.

Jika Anda mempertimbangkan kesulitan dalam mentransfer situs web ke URL baru, belum lagi potensi kerugian SEO yang dapat terjadi karena migrasi ke URL baru - jelas bahwa kalian harus menyiapkannya sejak awal. Sekarang sangat sulit untuk menemukan nama ikonik yang mudah diingat dan yang masih tersedia untuk dijadikan domain. 

Apa yang terjadi bila nama domain yang Anda inginkan dimiliki oleh orang lain? Yah mungkin kalian bisa mencoba membeli domain dari pemiliknya jika itu memang penting bagi kalian (gunakan "whois" untuk mencari info kontak si-empunya Domain). Tapi terkadang membeli domain yang sudah dimiliki oleh orang lain harganya sangat mahal, apalagi untuk kalian yang baru memulai sebuah project website.

Bagaimana cara kalian memilih domain yang tepat untuk website kalian? disini admin akan menjelaskan 6 tips buat kalian agar tidak bingung dalam memilih domain.

1. Nama merk kalian
Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mempertimbangkan apa url yang tersedia untuk situs kalian, lalu pilih nama merek kalian sesuai dengan yang kalian inginkan. Jadilah kreatif-lakukan penelitian dan lihat siapa lagi yang menggunakan nama itu atau yang serupa. Jadilah orisinal, menarik dan inovatif saat menamai merek kalian.

2. Kaitkan merk dengan domain
Nama domain kalian harus sesuai dengan merek kalian. Selalu pilih salah satu yang tidak perlu penjelasan yang rumit.

3. Jangan memilih domain hanya berdasarkan kata kunci di URL
Kata kunci utama bukan kunci untuk peringkat tinggi dalam nama domain kalian, walaupun ini adalah faktornya. Pikirkan nama domain yang mudah diingat, terkait merek dan tersedia, namun jangan terobsesi dengan hal itu. Dan tetap pendek dan sederhana jika kalian bisa.

4. Satu Ejaan
Lupakan kata-kata yang sulit dimengerti, panjang dan pandai atau terlalu rumit-kecuali jika Anda ingin mempersulit orang mengingat url kalian. Bantulah diri kalian sendiri: buanglah nama yang imut dan jangan gunakan nomor-mereka tidak akan membantu. Praktek terbaik? Sebuah nama dengan hanya satu ejaan.

5. Jenis Ext domain (.com, .org, .net, dll)
Sekarang ada lebih dari 110 juta .COM, 15 juta .NET dan 10 juta .ORG domain di web. Karena kebanyakan orang masih menganggap .COM adalah satu-satunya pilihan yang lebih baik.

6. Layanan penyedia domain
Dan yang terakhir pilih layanan penyedia domain yang terpercaya, di negara kita indonesia sendiri sudah banyak layanan penyedia domain murah, contohnya kalian bisa beli domain di Exabytes. Kenapa pilih layanan penyedia domain di Exabytes? selain harganya murah, kalian bisa mendapatkan promo atau program khusus untuk para blogger yang tentunya sangat menarik untuk kalian, dan juga layanan Hosting yang sangat lengkap.

Berikut petunjuk pembelian domain di Exabytes.

1. Buka alamat Exabytes di browser PC kalian.
2. Ketik domain yang kalian inginkan di kotak pencarian domain, kemudian klik Cek dan Pesan Domain
3. Setelah proses pengecekan, jika domain yang kalian inginkan tersedia tinggal centang aja dan klik Lanjutkan.

4. Di page selanjutnya kalian akan ditawari 2 pilihan, biarkan WHOIS Privacy nya dicentang karena gratis, GRATIS? yups, kapan lagi kalian dapet yang gratis kalau bukan di Exabytes. Langsung klik Lanjutkan.


5. Di page selanjutnya, kalian bisa melihat total dari pesanan yang harus kalian bayar. Langsung klik Bayar.

6. Di page selanjutnya, isi identitas lengkap kalian. Gunakan identitas sesuai dengan KTP kalian ya

7. Masih di page yang sama, jangan lupa centang pada bagian Menerima Notifikasi SMS Billing

8. Masih di page yang sama, kalian bisa pilih metode pembayaran. setelah memilih metode pembayaran yang kalian inginkan, jangan lupa centang Saya telah membaca dan setuju term of service

9. Di page selanjutnya, kalian akan ditampilkan invoice/tagihan beserta nomor rekening Exabytes.
10. Jika kalian telah melakukakan transfer, jangan lupa konfirmasi melalui emailnya. jangan lupa sertakan juga nomor invoice kalian.
11. Setelah selesai tinggal tunggu domain yang kalian telah beli tadi aktif. Kurang lebih dalam hari yang sama domainnya sudah aktif dan tinggal kalian setting di blogger.

Gimana mudah bukan? sy harap artikel diatas berguna untuk kalian yang bingung dalam memilih domain dan layanan penyedia domain.